Grooming n Bathing

Posted: Oktober 19, 2012 in Perawatan Kucing

Daily Grooming:

1. Gunakan sisir logam 2 sisi yang bergigi rapat pada satu sisi dan renggang pada sisi yang lain. Penggunaan sisir pinbrush yang kasar bisa melukai kulit dan merontokkan bulu.

2. Sisir dimulai dari dasar bulu, dengan cara mengangkat sisir perlahan-lahan. Menyisir dengan kasar dan paksa akan membuat bulu rontok, terutama pada kucing bulu panjang.

3. Pastikan tidak ada bulu yang kusut (Tangled), dan bila ada tarik perlahan-lahan atau gunting bagian yang kusut. Gunakan sisir sebagai pembatas antara bulu dan kulit supaya kulit tidak tergunting.

4. Bersihkan daerah dan mata setiap hari. Pada kucing Persia/exotic pig nose, kebersihan daerah mata harus lebih sering diperhatikan. Jangan dibiarkan berair dan berkerak yang bisa menyebabkan iritasi. Gunakan air hangat atau cairan saline solution.

5. Untuk menjaga kelembaban mata, berikan obat tetes mata yang berfungsi sebagai pelumas (jangan gunakan antibiotic pada mata yang tidak sakit!!).

Weekly Bathing:

1. Lakukan penyisiran sebelum dimandikan, pastikan tidak ada bulu yang kusut.

2. Siapkan semua peralatan (shampoo, air hangat, sikat gigi, dll) sebelum kucing memasuki arena “pemandian”.

3. Saya lebih suka memandikan kucing di box atau wastafel sehingga memungkinkan untuk merendam kucing didalam cairan shampoo.

4. Perlakukan kucing dengan lembut agar dia tenang pada saat dimandikan.

5. Pertama-tama gunakan shampoo degreaser yang fungsinya adalah menghilangkan lemak dan minyak yang menempel di bulu akibat makanan ataupun efek perubahan hormon. Biasanya bulu akan berminyak disekitar belakang telinga, area kaki belakang dan bagian ekor. Shampoo degreaser yang ada di pasaran saat ini adalah Goop atau House of Anju.

6. Biarkan shampo meresap antara 5-10 menit sambil dipijit2 supaya merata sampai ke dasar kulit, dan sedikit demi sedikit campur dengan air. Step terakhir sebelum pembilasan adalah merendam kucing dalam larutan air shampoo supaya semua bagian bulu terkena shampoo secara merata, kemudian bilas sebersih mungkin.

7. Shampoo kedua, gunakan shampoo yang tidak terlalu mahal (bisa juga shampoo bayi) pada seluruh tubuh. Fungsi shampoo kedua ini adalah untuk menghilangkan sisa2 Goop/Degreaser yang masih menempel pada bulu. Gunakan shampoo bayi pula pada area sekitar wajah dan mata karena shampoo bayi tidak membuat mata jadi pedih dan lembut di bulu. Kalau perlu gunakan sikat gigi lembut pada area sekitar wajah.

8. Shampoo ketiga adalah shampoo spesifik. Biasanya tergantung pada warna bulu kucing anda. Gunakan shampoo spesial untuk bulu putih, hitam atau merah. Shampoo mana yang cocok untuk masing2 kucing bisa berbeda2, experimen adalah jalan keluarnya. Apabila menggunakan shampoo warna biru atau ungu pada bulu putih yakinkan bahwa anda membilasnya dengan bersih, karena kalau tidak bulu kucing anda akan berubah jadi biru atau ungu!!

9. Shampoo keempat adalah shampoo conditioning yang fungsinya untuk menjaga kelembaban bulu setelah treatment di atas. Shampoo jenis ini juga banyak merknya.

10. Terakhir sebelum pembilasan, biasanya saya tambahkan lagi conditioner pantene untuk manusia. Conditioner yang untuk perawatan rambut rusak ternyata mempunyai efek bagus pada bulu.

11. Ingat, lakukan pembilasan dengan air untuk setiap tahap di atas. Dan step terakhir sekali adalah yang disebut vinegar rinse, atau pembilasan dengan mengunakan air cuka. Pilih cuka bening dari sayuran/buah2 an dan campurkan satu tutup botol dengan kira2 seperempat ember besar dan gunakan untuk membilas keseluruhan tubuh kucing. Fungsi vinegar ini adalah untuk menghilangkan residu shampoo pada bulu kucing yang bisa membawa efek panas/gatal pada kucing.

12. Keringkan dengan handuk, dan lilitkan handuk pada seluruh tubuh. Saat ini adalah saat yang tepat untuk memotong kukunya.

13. Keringkan dengan hair dryer hangat dengan arah berlawanan tumbuhnya bulu (dari belakang ke depan dan dari bawah ke atas). Pastikan bahwa seluruh bulu telah kering.

14. Sisir lagi dan pastikan tidak ada bulu yang kusit / gimbal.

15. Selesai dan pandangi hasil karya anda.. Hm.. kalau semua step dilakukan bisa memakan waktu sampai 3 jam.

Komentar
  1. aidamonica27 mengatakan:

    gue suka bgt sama pusyy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s